29 September 2014

KMP Bersyukur, MK Tolak Gugatan UU MD3

BY forum kota digital IN ,

Forum Kota Digital, 29 September 2014, Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan uji materi UU MD3. Koalisi Merah Putih mengapresiasi putusan tersebut.

"Kami bersyukur sesuai dengan prediksi," ujar Wasekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Fahri Hamzah, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (29/9/2014).
Fahri mengatakan, tidak adanya kedudukan hukum PDIP sangat jelas, karena partai berlambang kepala banteng moncong putih itu ikut melakukan pembahasan UU yang kini mereka gugat ke MK. "Pasti ditolak," tegasnya.

Selain itu, menurut Fahri, penghapusan keterwakilan perempuan bukan berniat untuk melakukan diskriminasi. Tetapi, harus ada advokasi kepada perempuan. "Ini kami cantumkan di Tatib dan tidak ada masalah," tukasnya.
Sebelumnya, MK menolak gugatan uji materi UU MD3 terkait dengan jabatan pimpinan di parlemen yang tidak lagi berdasarkan pada perolehan pemilu melainkan harus dipilih secara langsung. Akibatnya, kader partai politik memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pimpinan parlemen, meskipun partainya tidak menjadi pemenang pemilu.

Alasan MK menolak gugatan ini lantaran PDIP selaku pemohon dinilai tidak memiliki kedudukan hukum dalam pengujian UU MD3.  Selain itu, PDIP juga dinilai tidak memiliki kerugian konstitusional atas UU MD3 ini. (ugo)

Iklan Anda