23 Oktober 2014

Berpeluang Kuat Jadi Walikota Depok

BY forum kota digital IN , ,

Depok Bakal Jadi landas Pacu Indonesia Unggul

Forum Kota Digital, Depok Bakal Jadi landas Pacu Indonesia Unggul
"Apa mungkin kesetaraan dan persamaan hak dapat dicapai, apabila SARA masih menjadi permasalahan di negeri ini". Demikian dikatakan Ir. SC Ariyanto di sanggar panepennya di seputar Setu Studio Alam Sukmajaya Kota Depok.
Ariyanto adalah salah seorang tokoh pluralisme yang kini akan maju untuk tampil sebagai Calon Walikota Depok dalam pilkada 2015 mendatang. 

Pria kelahiran Temanggung, Jawa Tengah 28 Desember 1958 ini merasa terpanggil untuk megabdikan dirinya sebagai pelayan masyarakat setelah dia menganggap segala urusan kebutuhan rumah tangganya kelar, dan bisa konsentrasi dan fokus dalam pengabdiannya di masyarakat kelak.
 
Sebagai sosok yang berjiwa nasionalis dan menjunjung tinggi perbedaan, ada beberapa konsep yang akan dituangkan dalam membangun Kota Depok kedepan olehnya. Satu diantaranya adalah Arianto berkeinginan Depok menjadi kota yang religius. Religius disini menurutnya adalah, hal yang menerima dan saling menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual antar umat beragama dengan mempertimbangkan kearifan kultur dan budaya setempat.
 
Menurut Ariyanto, negeri ini lahir berawal dari berbagai suku ras dan agama yang kemudian mengkristal menjadi satu gen yang disebut Pancasila. Dengan kata lain, Indonesia adalah wadah atau badan, sedangkan Pancasila adalah isi atau ruhnya. 
Maka wadah dan isi harus menjadi satu kesatuan utuh yang tak terpisahkan. Hal inilah yang membuat Ariyanto merasa yakin kalau  SARA tak lagi harus menjadi suatu permasalahan.
 
Bicara tentang agama, kesemua agama bermuara pada kebaikan serta keesaan Tuhan, bicara tentang ras atau suku, kesemuanya adalah mahluk ciptaannya yang berdarah berdaging dan memiliki naluri kemanusiaan yang sama. "Ini tinggal tergantung niat dan upaya kita, jika kita ingin setara dengan bangsa lain, maka kita harus berani melebur menjadi satu kekuatan untuk mengubah nasib dan martabat bangsa menjadi lebih baik. Bukan sebaliknya, menajamkan konflik dengan cara mengambing hitamkan perbedaan. Dalam hal ini jelas pemerintah memiliki peran yang sangat penting", paparnya.
 
Depok menjadi landas pacu menuju Indonesia Unggul
 
Berbagai potensi lingkungan serta sumber daya manusia yang memadai ditambah lagi letaknya yang strategis, agaknya Depok memiliki kelonggaran peluang untuk beberapa langkah lebih maju ketimbang daerah lain. Ini tinggal kemampuan tata kelola serta niat baik pemerintah bersama masyarakatnya dalam membangun kota Depok. Melihat kondisi demikian, Ariyanto sangat optimis dan memiliki beberapa gambaran serta strategi untuk memajukan Kota Depok dan masyarakatnya.
 
Bukan hanya sektor ekonomi riil yang akan ditumbuh kembangkannya, namun dunia kepariwistaan hingga kepada pasar valuta asing akan digiatkan di Kota Depok, dengan maksud dapat menciptakan kesetaraan mata uang asing di Kota Depok. Jelas ini merupakan tantangan kerja yang berat. namun Ariyanto yakin,  kesemuanya itu dapat terwujud jika antara pemerintah dan masyarakat bersinergi dengan baik dalam melakukan pembangunan.
 
Terkait dengan dunia kepariwisataan, Ariyanto mengingatkan, Depok memiliki banyak sekali setu yang berpotensi wisata, disamping itu juga, dia beride untuk membuat satu danau besar yang nantinya bisa mengobati banjir jakarta, sekaligus juga bisa dikelola menjadi air konsumsi yang dikelola oleh PDAM, serta juga menjadi obyek wisata air yang memadai.
 
"Depok memiliki kepatutan untuk itu, karena Depok merupakan penyangga ibukota, baik dalam hal lingkungan hidup maupun ekonomi serta bidang lainnya yang bisa menopang Indonesia menjadi lebih "unggul", terang Ariyanto. Lebih jauh Insinyur jebolan Unsuri, ini mengatakan dan optimis, bahwa Depok bakal menjadi landas pacu menuju Indonesia Unggul. (andra)




Iklan Anda