15 Desember 2014

Nanti di Jakarta ngga ada yang Rahasia

BY forum kota digital IN , , ,

FORTAL, Sebagai Ibukota negara, Jakarta memang sudah sepantasnya untuk menggunakan tekhnologi modern untuk menunjang jalannya pemerintahan, dan semoga kedepan akan diikuti oleh daerah-daerah lain di Indonesia.
 
Dalam pemanfaatan tekhnologi tersebut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ingin menciptakan Jakarta sebagai “Smart City”. Dia juga telah melakukan beberapa pertemuan dengan perusahaan sosial media besar seperti Google Waze, Twitter, Swakita, Safetipin.com dan lainnya untuk mendukung programnya itu.
 
CCTV berteknologi tinggi akan memantau di setiap sudut di wilayah DKI, ini dimaksudkan agar warga bisa melihat situasi dan kondisi jalan raya melalui google waze.com.
 
Bukan cuma itu, warga yang melakukan pelanggaran di luar sana juga bisa terdeteksi. Seperti halnya melakukan parkir liar, membuang sampah sembarangan akan ketahuan, karena terekam oleh CCTV.
 
Ahok juga meminta kepada seluruh lurah, camat dan pejabat lainnya rajin nge-tweet dan merespon keluhan warga. “Nanti semua tidak ada yang rahasia di Jakarta, SKPD harus siap ini, kalau tidak ya bisa saya copot” kata Ahok Di balai Kota kemarin.
 
Konsep "Smart City" itu ditunjang dengan fasilitas 4G yang terpasang di 3.000 CCTV yang akan tersebar di jalan utama di Jakarta. Pemprov DKI pun bakal menggelontorkan anggaran sebesar Rp 3 miliar untuk membeli sejumlah fitur Google demi terciptanya "Smart City" di Jakarta. Menurut Ahok, anggaran sebesar itu dianggap sebanding dengan manfaat yang bakal dirasakan oleh masyarakat. (endro)

Iklan Anda