7 Januari 2015

Gubernur DKI Jakarta, Ahok Bakal Kembali Cek Pelayanan Satu Pintu

BY forum kota digital IN , , ,

FORTAL, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kecewa dengan sistem pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) yang baru saja diluncurkan pada Jumat (2/1/2015) lalu. Petugas masih melempar-lempar urusan warga karena merasa bukan bidangnya.

"Seharusnya, model kerja mereka seperti bank, di mana semua loket bisa melayani. Jangan karena bukan bidangnya, kemudian urusan dilempar ke orang lain," kata Basuki, di Balai Kota, Rabu (7/1/2015).

Di setiap PTSP kelurahan dan kecamatan terdapat tiga unsur staf, yakni dari Badan PTSP, Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil), dan staf yang mengurus permasalahan pertanahan. Menurut Basuki, banyaknya sumber daya manusia (SDM) yang ditempatkan di PTSP hanya sebuah pemborosan.

Seharusnya, kata dia lagi, petugas PTSP bisa mengurusi urusan kependudukan, seperti pembuatan e-KTP dan tidak harus selalu dikerjakan petugas dari Dinas Dukcapil, begitu pula sebaliknya. Karena itu, ia berencana untuk kembali mengecek pelayanan terpadu itu pada pekan depan.

"Sektoralnya kurang ajar, masih belum efektif. Sekarang yang jadi masalah, mereka seperti tak ingin membagi tugas kerja. Minggu depan akan saya cek lagi pelayanannya, masih tidak mau bagi kerja lagi atau bagaimana," kata Ahok.

Iklan Anda