13 Januari 2015

Kaget, Beliau kaget, ujar Pratikno, Menteri Sekretaris Negara

BY forum kota digital IN , , ,

Presiden Jokowi gelar rapat soal calon kapolri
FORTAL, Penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi kabar yang mengejutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini diungkapkan oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa, 13 Januari 2014.

"Kaget. Beliau kaget," ujar Pratikno.

Sebab, kata dia, Jokowi mengira calon kapolri pilihannya tidak tersangkut kasus hukum apapun. Tetapi, ternyata KPK menetapkan Budi sebagai tersangka rekening gendut.

Setelah mendengar penetapan tersangka oleh KPK, lanjut Pratikno, Jokowi langsung menggelar rapat dan menunggu hasil rapat internal Kompolnas.

"Menunggu Menkopolhukam, dia kan Ketua Kompolnas, sekitar 20 menit lalu Kompolnas rapat di kantor Menko polhukam," kata Pratikno.
Dengan demikian, Menurut Pratikno, presiden akan dapat segera memutuskan langkah apa yang akan dilakukan.

"Malam ini rapat. Saya kira nanti atau besok pagi sudah ada keputusan presiden," kata dia.
Dalam rapat itu, ia menambahkan, juga akan membahas mengenai kemungkinan perpanjangan masa jabatan Kapolri Jenderal Sutarman.

"Itu yang akan dibahas, apakah dilanjutkan, ditarik, disusupkan yang baru, menunggu beberapa waktu ke depan karena Pak Sutarman belum pensiun," katanya .
Menurut Pratikno, meski calon tunggal kapolri ini ditetapkan tersangka oleh KPK, namun Jokowi tetap mengapresiasi langkah KPK yang independen.

"Presiden dalam beberapa kesempatan menghargai kerja lembaga semacam ini, independen dan profesional. Apa langkah konkretnya belum dipikirkan. Beliau (Jokowi) mengatakan, 'nanti kita diskusikan malam ini, nanti diputuskan'," kata Pratikno.
(Mohammad Adam, Nila Chrisna Yulika)

Iklan Anda