23 Januari 2015

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto di tangkap Polisi

BY forum kota digital IN , , , , ,

FORTAL, #Sebelumnya kabar penangkapan Bambang Widjojanto menjadi simpang siur, karena sempat muncul bantahan dari pelaksana tugas Kapolri Badrodin Haiti.
#Di akun Twitter KPK sempat disebutkan, Deputi Pencegahan Johan Budi telah menghubungi Badrodin Haiti dan mendapat jawaban bahwa penangkapan itu tak ada.
#Bambang Widjojanto adalah salah satu komisioner KPK yang cukup vokal dalam tuduhan korupsi terhadap calon Kapolri Jenderal Budi Gunawan yang sudah ditetapkan sebagai tersangka beberapa waktu yang lalu.

Di tengah kisruh pencalonan Kapolri, Polisi menangkap Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto untuk perkara rekayasa keterangan palsu saat menjadi pengacara dalam prakara Pilkada tahun 2010.

Juru bicara Mabes Polri Ronny Sompie dalam jumpa pers di Mabes Polri mengumumkan hal itu.

Ia menyatakan, tim Mabes Polri menangkap Bambang Widjojanto di sebuah jalan raya di Depok, sekitar pukul 07:30, Jumat, 23 Januari 2015.

Ronny Sompie menyebut, Bambang Widjojanto disangka "menyuruh sejumlah saksi untuk memberikan keterangan palsu di depan sidang pengadilan Mahkamah Konstitusi, pada tahun 2010."
Saat itu BW, demikian Bambang Widjojanto biasa dipanggil, merupakan pengacara pasangan bupati Ujang Iskandar - Bambang Purwanto dalam sengketa Pemilukada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, yang gugatannya dimenangkan Mahkamah Kontitusi.

Ditambahkan Ronny, untuk perkara itu Bambang masih sedang diperiksa, dan diancam hukuman maksimum tujuh tahun penjara.

Ronny menyangkal bahwa penangkapan ini terkait langkah KPK yang menjadikan calon Kapolri sebagai tersangka korupsi.

Menurutnya, kendati ini perkara lama, namun Polri melakukan penangkapan sekarang setelah memiliki tiga alat bukti, berdasarkan "laporan masyarakat pada tanggal 15 Januari 2015."

Kasus ini sempat dimasalahkan dalam uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di DPR yang dijalani Bambang Widjojanto untuk menjadi komisioner KPK. Saat itu BW memberikan klarifikasinya, dan dalam berbagai kesempatan ia memberikan bantahannya. (fkd)

Iklan Anda