20 September 2015

FILOSOFI KOPI membuat Rio Dewanto Ingin Bantu Petani Kopi Lokal

BY forum kota digital IN , , ,

FORTAL, 20 sept 2015.
Gara-gara bermain dalam film besutan Angga Dwimas Sasongko, FILOSOFI KOPI, Rio Dewanto jadi terpanggil untuk ikut mensejahterakan para petani kopi Indonesia. Ia akan menjadi host sebuah acara berjudul Viva Barista.

"Lagi ngejalanin Viva Barista. Kita bikin platform all about kopi. Semua tentang kopi, dari perkebunan, barista dan lain-lain. Rencana akan tayang di Metro TV. Nantinya saya akan terlibat sebagai produser dan hostnya," tutur suami Atiqah Hasiholan ini saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, beberapa saat lalu.

Ia ingin agar nasib petani kopi lokal lebih diperhatikan lagi agar mereka mampu menghasilkan kopi yang lebih berkualitas. "Ingin kopi Indonesia lebih berkualitas lagi dan bukan itu aja mau petani Indonesia diperhatikan lagi. Karena kalau kita lihat ke daerah penghasil kopi, sudah sangat sedikit generasi petani kopi," jelasnya.

Ia sudah melakukan riset sejak beberapa bulan di hampir seluruh Indonesia. Rio juga mengaku jika ia sedikit terpukul setelah melihat betapa Vietnam sangat memerhatikan para petani kopinya.

"Dua bulan lalu pulang dari Vietnam, sedikit ditampar rasanya. Secara luas lahan mereka lebih kecil tiga kali dari lahan kopi Indonesia. Tapi untuk produktivitas jauh lebih tinggi Vietnam ketimbang kita. Karena pemerintah lebih care dengan petani kopinya,' ungkapnya.

Rio juga mengungkapkan jika para petani lokal kurang punya network yang bagus. Mereka juga belum teredukasi dengan baik dan belum mampu membuat packaging yang menarik.

Berawal dari kecintaannya terhadap kopi dan bermain dalam FILOSOFI KOPI, Rio sangat menghargai kopi lokal dan ingin para petani tak kalah maju dengan petani Vietnam. "Target saya kehidupan petani lebih sejahtera. Ada petani binaan, kita akan masuk ke mereka, apa problemnya, cari tahu dan solving bersama," tandasnya.

Iklan Anda