22 September 2015

Komisi III DPR RI meminta Cabut Remisi Gayus

BY forum kota digital IN , , , ,

FORTAL, Selasa 22 September 2015, 

Komisi III DPR RI meminta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly mengambil tindakan tegas terhadap Gayus Tambunan. Pasalnya, terpidana 30 tahun penjara itu kedapatan keluyuran keluar lapas dan makan siang di restoran.
 
"Ini berulang kali terjadi kepada Gayus. Reward dan punishment harus jelas, misalnya remisinya ditunda, atau pengurangan remisi," ujar Ketua Komisi III DPR RI, Aziz Syamsuddin, di Kompleks DPR, Jakarta, Senin (21/9/2015).
 
Politikus Partai Golkar itu menambahkan, tidak ada alasan bagi narapidana untuk keluyuran di luar lapas. Meski usai menjalani sidang cerai sekalipun, terpidana wajib kembali ke lapas secepatnya. "Habis itu harus pulang (ke lapas). Enggak boleh (keluyuran ke restoran)," imbuhnya.
 

Jika persoalan Gayus dibiarkan, Aziz menyebut hal tersebut bakal menjadi contoh yang tidak baik. Ke depannya, napi lain bakal melakukan hal serupa.
"Contoh tidak baik, nanti semua napi ingin seperti itu, makan di restoran. Pihak lapas dalam memberikan izin supaya jangan menimbulkan kecemburuan," sambungnya.
 
Aziz pun mendesak Menkumham untuk bertanggung jawab. Bahkan, tidak menutup kemungkinan DPR meminta penjelasan atas insiden tersebut. "Pasti. Tentu pertanggungjawaban di atasnya (Dirjen Pas) itu menteri untuk menjelaskannya bagaimana," pungkasnya.

Iklan Anda