9 Desember 2015

Ada Perusahaan E-Commerce Bisa Untung Rp 80 T, Jokowi geleng kepala

BY forum kota digital IN , , , ,

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku heran terhadap perusahaan e-commerce dunia seperti Alibaba, OLX, hingga Lazada yang bisa meraup untung triliunan rupiah per tahun.

"Ada OLX, kemudian Alibaba, Lazada, yang gede-gede seperti itu. Salah dari itu untungnya Rp 80 triliun. Saya sampai geleng-geleng, pemiliknya anak-anak muda semua," kata Jokowi saat acara CEO Forum di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (26/11/2015).


Namun Jokowi tak merinci perusahaan e-commerce mana yang dapat untung sampai Rp 80 triliun. Jokowi mengatakan potensi bisnis ekonomi digital di Indonesia seperti e-commerce akan terus berkembang.

"Potensi digital ekonomi Indonesia saat ini US$ 13 miliar. Pada tahun 2020 akan berkembang jadi US$ 130 miliar. Ini loncatan besar," ujarnya.

Indonesia yang punya jumlah penduduk di atas 200 juta jiwa lebih menjadi pasar potensial. Bila bisnis e-commerce tidak digarap oleh pengusaha lokal, maka pasar tersebut akan diambil asing.

Namun kekhawatiran itu sirna saat Jokowi bertemu dengan Chief Executive Officer (CEO) perusahaan digital ekonomi seperti Go-Jek, Bukalapak.com hingga Kaskus. Dari pertemuan itu, mereka justru semangat berinovasi dan berkompetensi dalam skala global.

"Saya melihat anak-anak muda, betul-betul siap, seperti disampaikan Zaky (Achmad Zaky, CEO Bukalapak.com). Saya tanyakan ke beberapa dan jawabnya sama. Tugas pemerintah back up lewat Menteri Kominfo dan Badan Ekonomi Kreatif," ujarnya.


Passive Income dari Online Shop 
Revolusi Bisnis E-Commerce klik disini !

Iklan Anda