24 Juni 2016

Inggris nyatakan Keluar dari Uni Eropa, Hasil Referendum kamis (23/6)

BY forum kota digital IN , ,

Sebagian besar warga di Inggris Raya (Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia, dan Wales) menginginkan Inggris keluar dari Uni Eropa.

Berdasarkan hasil penghitungan suara yang dikutip dari BBC pada referendum yang digelar Kamis (23/6) waktu setempat atau Jumat (24/6) WIB, sebagian besar pemilih, yakni 16.835.512 (51,7 persen)  menghendaki Inggris keluar dari Uni Eropa. Sedangkan pemilih yang ingin tetap bertahan di Uni Eropa hanya mencapai 15.692.093 (48,3 persen).

Meskipun ada sisa suara yang belum dihitung, tetapi jumlah suara yang mendukung Inggris keluar dari Uni Eropa tidak mungkin lagi bisa dilampaui suara pemilih yang ingin Inggris bertahan di Uni Eropa.  

Data sementara yang dilansir BBC menunjukkan sebagian besar warga Inggris dan Wales ingin keluar dari Uni Eropa. Sebaliknya, warga Irlandia Utara dan Skotlandia ingin bertahan di Uni Eropa. 

Inggris telah bersepakat meninggalkan Uni Eropa pada referendum yang digelar Kamis, 23 Juni 2016. Hasil ini berdampak pada nasib blok 28 negara Benua Eropa serta elite politik Inggris, termasuk Perdana Menteri David Cameron.

Al Jazeera dalam laporannya, Jumat, 24 Juni, menyebutkan suara yang telah dihitung dari referendum pada Kamis kemarin mencapai 90 persen. Adapun Brexit (Britain Exit), kelompok yang memilih keluar dari Uni Eropa, meraih 52 persen suara. 

"Perdana Menteri David Cameron memilih tetap bergabung dengan Uni Eropa," tulis Al Jazeera, Jumat.

Ketika dimintai komentar apakah Cameron seharusnya mengundurkan diri terkait dengan hasil referendum, NigeL Farage, pemimpin UKIP yang mendukung Inggris meninggalkan Uni Eropa, menjawab, "Seharusnya dia segera meninggalkan jabatan itu."

Farage tampak gembira berpidato di depan para pendukungnya, "Fajar menyingsing menyambut independensi Inggris Raya," yang disambut sorak-sorai.

(sumber : BBC , aljazera news)

Iklan Anda