20 Juni 2016

TKI dari Malaysia Mulai Mudik Lewat Nunukan

BY forum kota digital IN ,

Ledakan penumpang mudik di Pelabuhan Tunon Taka tersebut dibuktikan dengan tiket kapal PT Pelni habis terjual sebelum pemberangkatan atau di-booking para calo.
Ribuan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Malaysia mulai mudik demi merayakan Idul Fitri di kampung halaman dengan menumpang kapal melalui Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Hariani, agen penumpang di Kabupaten Nunukan, Sabtu (18/6) malam menyatakan, arus penumpang dari kalangan TKI dari Negeri Sabah mulai meningkat sejak sepekan lalu.

Ia mengatakan, dari empat kapal penumpang yang berangkat setiap pekan dari Kabupaten Nunukan yakni dua kapal PT Peni (KM Lambelu dan KM Bukit Siguntang) ditambah dua kapal swasta yaitu KM Cattleya dan KM Thalia), semua sarat penumpang.

Bahkan KM Thalia yang berangkat Rabu (15/6) tujuan Pelabuhan Parepare, Sulsel melebihi kapasitas sekitar 3.000 orang dari kapasitas yang sebenarnya hanya 1.450 orang ditambah barang dan kendaraan yang mencapai ribuan ton.
Lihat juga:Eksekusi Mati Tak Terpengaruh Vonis Mati WNI di Malaysia
Hal yang sama dikatakan Haji Sapri, agen penumpang lain yang mengatakan, membeludaknya penumpang mudik diperkirakan akan terus berlangsung hingga H-4 Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

Pemberangkatan dua kapal penumpang pada Sabtu (18/6) yakni KM Lambelu pada pagi hari jumlah penumpang diperkirakan mencapai 2.000 orang ditambah KM Cattleya mencapai 2.000 penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Tunon Taka menuju Pelabuhan Parepare.

Sedangkan KM Lambelu melakukan pelayaran dengan tujuan akhir Pelabuhan Kanser NTT. Kedua kapal ini sarat penumpang yang umumnya TKI asal Negeri Sabah.

TKI asal negeri jiran ini pulang ke kampung halamannya sejak sebelum memasuki bulan suci Ramadhan 1437 H namun terus mengalami peningkatan cukup signifikan sejak memasuki pertengahan bulan puasa ini. (Antara)

Iklan Anda