5 Juli 2016

Ledakan Bom Bunuh Diri di Dekat Masjid Nabawi Jelang idul Fitri

BY forum kota digital IN , ,

FKD, (05.07.16) Serangan bom bunuh diri terjadi di dekat Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Dua orang petugas keamanan Masjid Nabawi meninggal akibat peristiwa ini.

Dilansir Reuters, Selasa (5/7/2016), menurut televisi al-Arabiya selain dua petugas keamanan Masjid Nabawi, satu orang pengebom bunuh diri juga tewas dalam peristiwa yang terjadi Senin (4/7) sore waktu Arab Saudi. 

Ledakan ini terjadi di dekat markas petugas keamanan Masjid Nabawi. Pengebom bunuh diri meledakkan bom saat para petugas tengah berbuka puasa.

Ledakan di dekat Masjid Madinah ini diikuti ledakan lainnya di Qatif dan Jeddah. 

Gambar yang beredar di media sosial menunjukkan, asap hitam mengepul dari api yang berkobar di dekat masjid. 

Ledakan terjadi di dekat Kompleks Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Senin (4/7/2016) malam waktu setempat atau Selasa dini hari WIB. Diduga, ledakan tersebut adalah bom bunuh diri.
Rekaman video yang disiarkan TV al-Arabiya memperlihatkan sebuah mobil terbakar yang diduga menjadi asal ledakan tersebut.



Adapun Madinah adalah kota suci kedua yang paling banyak dikunjungi umat Islam setelah Mekkah. Di dalam Kompleks Masjid Nabawi di Madinah, terdapat makam Nabi Muhammad SAW.

Sebelumnya, sebuah ledakan juga terjadi di Kota Qatif yang banyak dihuni kelompok Syiah.

Diduga, ledakan tersebut menyasar sebuah masjid Syiah. Tidak ada korban yang dilaporkan sejauh ini terkait ledakan di Qatif tersebut. 

Pada Senin pagi, ledakan juga terjadi di dekat Kantor Konsulat Amerika Serikat di Jeddah. Seorang pelaku diduga tewas setelah meledakkan diri dalam peristiwa ini. Dua petugas keamanan juga dilaporkan terluka.

Berdasarkan informasi dalam akun Twitter resmi KJRI Jeddah, tidak ada warga negara Indonesia yang jadi korban dalam ledakan tersebut. (ay)

Iklan Anda