19 November 2016

Kasus Ahok jadi Kabut penghalang

BY forum kota digital IN , , , ,

FKD, 19 Nov. 2016,- Kini opini masyarakat terus bergeser dimana masuknya warga negara China ke Indonesia beberapa waktu silam serasa ngeri-ngeri sedap. Namun nuansa tersebut spontan bergeser ke isu penistaan Agama Islam yang dilakukan Calon Gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

Masyarakat dilupakan oleh hal yang tak kalah pentingnya, yakni rembesnya warga negara China secara besar-besaran ke Indonesia.

Kini Ahok sudah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus tersebut, masyarakat tinggal menunggu proses hukum yang diharapkan berjalan fair dan tanpa ada intervensi. 

Lepas dari permasalahan tersebut, ada baiknya kita kembali ke permasalahan kekhawatiran bangsa ini atas eksodus besar-besaran warga negara China ke NKRI.

Perlu antisipasi sehat yang harus berpihak kepada negara sendiri dan jangan sampai terjadi suatu kekuatan baru dari bangsa luar (dalam hal ini China) yang bisa menggerogoti Indonesia.

Di sisi lain, Pemerintah juga harus mempertimbangkan warga negara keturunan China yang sudah jelas mereka adalah warga negara Indonesia, jangan sampai mereka menjadi tameng 'penyelundupan' warga negara China, atau bahkan mereka (warga Negara Indonesia Keturunan) terimbas dampak negatif atas situasi dan kondisi yang bakal timbul atas masuknya warga negara China ke tanah air ini.

Ada beberapa pihak yang menilai, permasalahan Ahok hanyalah hal awal dari bagian greend design Pemerintahan China untuk menguasai negeri ini.

(andrajati)

Iklan Anda