17 Desember 2016

Terkait Batu Lingga, Nabi Adam Alaihissalaam, dan Nusantara

BY forum kota digital IN , , ,

FKD, 17 Des. 2016,- Ketika Rosulullah SAW ditanya oleh sahabatnya, "Dimana pertama kali Nabi Adam as diturunkan di muka bumi ini ? Rosululloh kemudian menjawab. " Nabi Adam as diturunkan di negeri Hin di wilayah Srendip". Demikian Ustad Fachrudin Soleh menerangkan saat Obrol-obrol Cinta Nusantara di "Saung Sandi Nusantara di wilayah Kota Depok. Kemudian Ustad Fachrudin menerangkan yang dimaksud negeri Hin disini adalah Hindia, dan wilayah Srendip adalah Swarna Dwipa.

Banyak orang menafsirkan negeri hin yang dikatakan Rosululloh SAW adalah India, namun agaknya hal itu tertepis dalam obrolan nusantara bersama Ustad Fahrudin Sholeh. Menurutnya, Negeri Hin adalah HIndia dan srendip adalah Swarnadwipa. Dengan kata lain tempat tersebut berada di Nusantara. Bukan India. Sebab menurutnya India kala itu (di abadnya Rosulullah abad ke 7 ) bernama Ayodya, bukan Hindia. 

Sedangkan Hindia lebih kepada Samudra Hindia dan srendip sendiri adalah Swarna Dwipa atau Pulau Emas yang mana Swarna Dwipa merupakan perumpamaan gugusan kepulauan Nusantara. 


Banyak pula ciri-ciri tempat diturunkannya Nabi Adam as yang disebutkan dalam ketentuan Allah ada di Nusantara. Dalam bincang-bincang tersebut diterangkan pula apa alasan Nabi Adam diturunkan ke muka bumi ini dan mengapa harus turun di Bumi Nusantara. Demikian rekaman Obrolan Cinta nusantara yang bertemakan Terkait Batu Lingga, Nabi Adam dan Nusantara. 

( mas Andra )

Iklan Anda