27 Januari 2017

Strategi Freeport jika Eksplorasi Diperpanjang

BY forum kota digital IN , , , ,


FKD. Jum'at 27 Jan. 2107,- Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Chappy Hakim mengungkapkan, pihaknya sudah melaporkan strategi perusahaan kepada Freeport McMoran di Amerika Serikat (AS) jika kontrak yang habis pada 2021 diperpanjang. Salah satunya, dia akan mengambil langkah mengembangkan transportasi udara di sekitar tambang Papua.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) ini menjelaskan, jika eksplorasi Freeport berlanjut maka pembangunan infrastruktur transportasi udara bisa jadi hal strategis. Sebab, satu-satunya akses paling efektif di Indonesia Timur yaitu melalui angkasa.

"Strategi apabila PTFI bisa berlanjut eksplorasi berikutnya saya buat strategi dan sudah disampaikan ke AS, McMoran. Ada beberapa, antara lain yang penting adalah membangun komunikasi transportasi udara," ujarnya di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Jumat (27/1/2017).

Menurut Chappy, transportasi darat dan laut memiliki banyak keterbatasan. Sehingga, pembangunan infrastruktur perhubungan udara bisa membuat kegiatan perusahaan serta perekonomian di Papua meningkat.

"Papua kalau bicara tentang poros maritim berhenti di pantai. Kalau bicara Indonesia sebenarnya infrastruktur maritim enggak cukup harus dengan perhubungan udara. Di daerah kepulauan ini jadi sistem transportasi primer, di Indonesia Timur dan beberapa daerah yang infrastrukturnya enggak ada," katanya.

Dia menuturkan, secara geologis kondisi langit di Papua terbilang baik dengan banyaknya jalur lintasan pesawat. Freeport akan meminta izin kepada TNI AU untuk memakai beberapa pangkalan udara yang tidak terpakai.

"Infrastruktur penerbangan di Papua luar biasa. Jalur udara, dengan medan terbatas menjadi andalan utama transportasi. Saya usul di Biak, pangkalan udara yang enggak digunakan lagi kalau itu bisa dikembangkan Freeport untuk mengembangkan pesawat N-219. Itu akan jadi tulang punggung angkutan udara di sana karena memang cocok," tandasnya

Iklan Anda