2 April 2017

Jamur Lingzhi (Ganoderma lucidum) tanaman Seribu Khasiat

BY forum kota digital IN , , , ,

Jamur lingzhi  (Ganoderma lucidum) memiliki efek menenangkan untuk mengurangi keparahan berbagai macam penyakit
Orang-orang menjulukinya jamur seribu khasiat, menu para raja, hingga raja herbal yang ajaib. Itulah jamur lingzhi. Jamur dari keluarga Ganoderma ini dikenal sebagai herbal nomor satu sejak 2400 tahun lalu.

Di Jepang, Lingzhi dikenal sebagai Reishi, sedang dalam bahasa Latin disebut Ganoderma lucidum. Di Cina ribuan tahun lalu, hanya kaisar yang diizinkan mengonsumsi lingzhi yang dipercaya dapat memberikan keabadian.
Berikut adalah 3 fakta menarik tentang jamur Lingzhi:

Jamur lingzhi termasuk dalam kingdom Mycetes dan filum Basidomycetes.Menurut penelitian, jamur lingzhi memiliki banyak manfaat kesehatan seperti kemampuannya melawan dan menghancurkan bakteri berbahaya serta virus, sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Pada jaman Cina kuno, kaisar menghargai jamur lingzhi lebih dari emas. Pada waktu itu jamur lingzhi amat langka sehingga dari setiap 10.000 pohon akan dianggap beruntung jika dapat menemukan 3 sampai 4 lingzhi. Rakyat yang ketahuan mengonsumsi jamur lingzhi tanpa menawarkan kepada kaisar akan menghadapi risiko hukuman mati.


Jamur lingzhi memiliki efek menenangkan untuk mengurangi keparahan berbagai macam penyakit. lingzhi dapat digunakan untuk menenangkan saraf, mengurangi stres, menyembuhkan insomnia, sekaligus menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, mengatur gula darah pada pasien diabetes, dan manfaat lainnya.

Di pasaran, jamur lingzhi ini dijual dalam bentuk ekstrak, berupa serbuk, tablet, dan kapsul. Beberapa negara di Asia yang telah mengekstrak jamur ini secara besar-besaran adalah Taiwan, Jepang, RRC, dan Malaysia.

Beberapa manfaat jamur lingzhi untuk kesehatan diantaranya :
  • Meningkatkan stamina tubuh
  • Melawan sel-sel kanker
  • Menormalkan fungsi tubuh yang mengalami gangguan
  • Meningkatkan sistem imun tubuh
  • Membantu menormalkan tekanan darah tinggi atau juga tekanan darah rendah
  • mencegah penyakit stroke
  • Antioksidan alami
  • Antiradang
  • Antinyeri
  • Antivirus
  • Membantu menurunkan kadar lemak dalam darah, kolesterol, dan juga gula darah
  • Membantu menyembuhkan bronchitis dan hepatitis
  • Membantu menekan efek samping dari pengobatan kanker seperti kemoterapi


Saat hendak menggunakan jamur Lingzhi sebagai pendamping pengobatan modern, pastikan berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan penggunaannya aman dan tidak menimbulkan efek berlawanan dengan pengobatan yang sedang dilakukan.


Menurut buku Pengobatan Herbal Tiongkok, ling zhi tercantum sebagai bahan obat nomor satu dari 365 bahan obat lainnya. Karena itu, ling zhi dijuluki sebagai jamur seribu khasiat, jamur ajaib, jamur abadi, dan raja herbal yang ajaib. 

Tidak hanya di negara asalnya, Cina; di negara Barat pun telah lama dikenal penggunaan jamur untuk makanan kesehatan, seperti ditulis Bapak Kedokteran Barat Hipocrates sekitar 445 M. Jamur ling zhi merupakan salah satu jenis jamur kayu dan telah dikenal sejak zaman Kaisar Shi Huang Ti (259-210 SM). 
Wajarlah, mengingat jamur memang merupakan obat tradisional yang paling sering digunakan oleh masyarakat cina. Oleh sebab itu, Cina dikenal sebagai pelopor penggunaan jamur ling zhi untuk ramuan pengobatan tradisional mereka.

Karena sifatnya yang alot dan pahit, maka jamur biasanya diolah menjadi sejenis cairan untuk diminum (elixir). Jamur yang berwarna merah hitam ini sejak dulu dipercaya sebagai pohon kehidupan untuk mempertahankan dan memperpanjang umur.
Secara kasat mata, tubuh jamur lingzhi memiliki bentuk seperti payung atau buah ginjal. Sebagian orang melukiskannya sebagai ekor burung merak. Jamur ini berbentuk bundar, bagian tepi berlekuk, sedikit bergerigi, dan dagingnya tebal. Bagian atas tubuh jamur berwarna merah tua. Khusus untuk spesies lucidum, warna jamurnya cerah mengilap dan ada guratan-guratan di sekujur tubuh jamur.

Tubuh jamur lingzhi atau Ganoderma lucidum mengandung lebih dari 200 senyawa aktif yang
dapat dibagi menjadi tiga kelompok utama, hakni 30 % senyawa larut dalam air, 65 % senyawa
larut dalam pelarut organik, dan 5 % senyawa volatil. Polisakarida dan germanium organik
merupakan senyawa larut dalam air. Adenosin dan pertenoid adalah senyawa yang larut dalam
pelarut organik, sedangkan asam ganoderat termasuk senyawa volatil. 

Berikut ini secara luas kandungan dan manfaat dari Jamur Lingzhi, adalah sebagai berikut :

1. Polisakarida, memiliki fungsi sebagai :
- Memperkuat kemampuan tubuh dalam proses penyembuhan secara alami
- Membantu mengaktifkan sistem kekebalan tubuh
- Mencegah pertumbuhan sel yang tidak normal
- Membantu mengurangi kadar gula dalam darah dan memelihara fungsi pankreas
- Mencegah kerusakan organ-organ dalam tubuh
- Membersihkan penumpukkan racun dalam tubuh
- Menguatkan membran sel
- Meningkatkan jumlah oksigen yang dibawa oleh sel darah merah

2. Adenosin, memiliki fungsi sebagai :
- Menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah
- Menurunkan kadar penggumpalan darah dan mencegah trombogenesis
- Memperbaiki fungsi kelenjar adrenalin untuk menjaga keseimbangan endokrin
- Menyeimbangkan metabolisme untuk keremajaan dan lebih bertenaga

3. Triterpenoid, memiliki fungsi sebagai :
- Memperbaiki dan meningkatkan kerja sistem pencernaan
- Mencegah alergi yang disebabkan oleh antigen
- Mengurangi kolesterol dan menstabilkan lemdak di dalam tubuh
- Mengaktifkan inti sel dalam tubuh

4. Sari Ganoderik, memiliki fungsi sebagai :
- Membantu memulihkann masalah penyakit kulit
- Meremajakan, mempercantik, dan menghaluskan kulit
- Menghentikan pendarahan
- Mengobati penyakit kulit, infeksi dan luka
- Menurunkan kadar gula darah


Jamur lingzhi selain mengandung senyawa aktif beserta fungsinya, jamur lingzhi juga memiliki kandungan vitamin, nilai gizi, mineral, dan nutrisi yang cukup banyak penting bagi kesehatan dan kemampuannya sebagai obat herbal yang paling mujarab. Berikut ini kandungan nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam jamur lingzhi :



Manfaat / khasiat Jamur LingZhi

Mengapa jamur ling zhi-atau dalam bahasa latin disebut ganoderma lucidium- ini demikian berkhasiat ? Belakangan diketahui jawabannya ialah karena adanya kandungan polisakarida, adenosin, asam ganoderat, triterpenoid, peptidoglukan, fiber, protein dan sejumlah vitamin seperti vitamin E, C, B3, B6, B12, dan mineral.
Beta-D glukan, glukorono-beta-D glukan, arabinoxylo-beta-D glukan serta senyawa lainnya dalam grup kompleks polisakarida dapat mencegah kanker, selain dapat merangsang pertumbuhan sel T, interleukin 2, pembunuh alami yang dapat menyerang dan menghancurkan sel terinfeksi. 

Membantu proses penyembuhan sekitar 150 macam penyakit, antara lain: impotensi, stroke, diaabetes mellitus, tumor, hipoksia, kanker, hepatitis ABC, rematik, kolesterol, jantung, tekanan darah tinggi, wasir, migrain, ginjal, asma, hemorhoid, jerawat, insomnia, penyakit kulit dan carebomalacia.
Selain itu, ling zhi juga ampuh untuk gangguan yang dirasakan wanita seperti keputihan, dismenorea, menstrual cramps, menopause, bahkan kemandulan.

Dikutip dari beberapa sumber :
“Menurut buku Pengobatan Herbal Tiongkok yang ditulis tahun 56 SM, jamur kayu ini tercantum sebagai bahan obat nomor satu dari 365 bahan obat lainnya –termasuk ginseng. Lingzhi masuk dalam kategori “superior” karena dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, mampu menjaga dan mengembalikan keseimbangan tubuh, dan aman dikonsumsi dalam jangka panjang tanpa efek samping.

Ada banyak jenis jamur kayu. Sebagian di antaranya nikmat kita santap di meja makan, seperti jamur kuping, jamur tiram, jamur gigit, dan shiitake. Tetapi sebagian lainnya tidak, seperti lingzhi dan kawan-kawannya dari genus Ganoderma.

Lingzhi dapat tumbuh di berbagai belahan dunia ini termasuk Indonesia dengan harga bervariasi. Tempat tumbuhnya adalah pohon-pohon yang tua dan lapuk, atau pohon yang telah mati. Berbentuk seperti payung tidak sempurna, bertangkai relatif pendek dibandingkan dengan tubuh buah (payung) nya yang berdiameter hingga 30 cm. Bentuk payungnya setengah lingkaran mirip ginjal, dengan ketebalan bervariasi antara 2-5 cm.

Kandungan utama lingzhi adalah protein, polisakarida (ganodelan A, ganodelan B, dan beberapa jenis glukans), triterpenoid (asam ganodermik, ganodermadiol, dan 110 macam lainnya) yang strukturnya mirip hormon steroid, juga germanium, ergosterol, coumarin, mannitol, alkaloid, asam lemak tak jenuh, adenosin, dan berbagai vitamin (B, C, D) serta mineral (natrium, kalsium, seng, besi, fosfor).


Sifat dan Khasiat:
Ling zhi memiliki sifat rasa pedas, pahit, dan hangat. Mengonsumsi ramuan dari ling zhi memiliki efek bersifat melindungi organ tubuh, membangun (constructive), mengobati, dan berdampak positif terhadap penyembuhan organ lain yang sakit. Sejauh ini belum pernah ditemukan efek negatif yang ditimbulkan setelah mengonsumsi ramuan ling zhi.

Dari berbagai penelitian yang dilakukan di berbagai negara, ling zhi berkhasiat sebagai herbal anti-diabetes, anti-hipertensi, anti-alergi, antioksidan, anti-[inflamasi], anti-hepatitis, analgesik, anti-HIV, serta perlindungan terhadap liver, ginjal, hemoroid atau wasir, anti-tumor, dan sistem imunitas (kekebalan tubuh) 

(berbagai sumber)

Iklan Anda