15 Juni 2017

Taman Lembah Gurame Mulai Rawan Kejahatan

BY forum kota digital IN , , , ,

Berbulan-bulan CCTV tidak berfungsi 
FKD 15 JUNI 2107,  “Waduh maaf pa, CCTV-nya lagi rusak jadi ga bisa liat rekamannya” ujar salah seorang petugas piket di kantor sekretariat pengelolaan Taman Lembah Gurame ketika Andra (47) orang tua salah satu  korban gendam ingin melihat rekaman peristiwa di CCTV yang dipasang di tiap sudut Taman Lembah Gurame. Akhirnya Andra-pun merasa kecewa, terlebih menurut petugas tersebut CCTV di kawasan Lembah Gurame sudah sekitar empat bulan tidak berfungsi.

Tiga anak menjadi korban gendam di Taman Lembah Gurame pada senin 12/7 silam. Ketiga anak itu adalah Radhit, Arva dan Ridho yang kesemuanya warga RW 09 Kelurahan Depok Jaya  seputar Lembah Gurame. 

Menurut Radit, pelaku berbadan pendek-pendek gemuk, berbaju hitam, memakai kopiah. Mereka digendam dan Hp ketiga anak itupun dibawa kabur.Usai kejadian, teman mereka berusaha untuk melaporkan hal tersebut ke kantor pemeliharaan Taman Lembah Gurame, sekalian mencoba untuk melihat kalau-kalau peristiwa tersebut terekam di CCTV. Namun ternyata CCTV di kawasan Lembah Gurame tidak berfungsi. 

Penasaran akan hal itu, Andra, orang tua salah seorang korbanpun mendatangi kantor pemeliharaan untuk mencari informasi, ternyata benar CCTV tidak berfungsi.

Saat FKD mendatangi kantor pemeliharaan Lembah Gurame pun mendapat informasi yang sama, bahkan salah seorang petugas menunjukkan dua unit camera CCTV yang belum dipasang. 

Terkait dengan tidak berfungsinya CCTV di Taman Lembah Gurame, dua kali 
FKD mendatangi Kantor Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DKLH) untuk mengkonfirmasikan Kepala Bidang pertamanan, namun pejabat tersebut sedang tidak berada ditempat. Kemudian FKD berusaha menemui Kepala DKLH 
Ety Suryahati, namun upaya itupun sia-sia. Walau Ety Ada di ruangannya, namun dengan setengah sinis sekretarisnya mengatakan kalau Bu Ety belum bisa ditemui.

Untuk memenuhi kebutuhan pemberitaan, akhirnya FKD berusaha mengkonfirmasi Kadis DKLH melalui WA. WA terkirim dan terbaca, namun agaknya Ety enggan memberi keterangan terkait hal itu.

Belakangan ini, Taman Lembah Gurame terbilang rawan, sudah beberapa kali peristiwa kejahatan terjadi disana. Menurut Arip, warga seputar Lembah Gurame kejahatan yang terjadi di taman tersebut kebanyakan penipuan lewat gendam dan penjambretan.

“kalau penjambretan biasanya dilakukan diluar taman, tapi sebelumnya mungkin penjambret mengincar mangsanya selagi di dalam taman”, terang Arip. Arip juga menyesalkan dengan tidak berfungsinya CCTV di Lembah Gurame. “CCTV kan bisa membantu untuk melacak peristiwa, biasanya kalau mereka tau ada CCTV pasti enggan melakukan hal-hal yang merugikan”, terangnya.


Arip juga mencoba mereka-reka, “Jangan-jangan mereka tau kalau CCTVnya udah lama ngga berfungsi, jadi ya merasa aman-aman aja” terang Arip sambil tersenyum kecut.  (Ega)

Iklan Anda