27 Januari 2021

Presiden Jokowi mendadak mengumpulkan menteri gelar rapat terbatas di Istana usai corona tembus sejuta kasus

BY forum kota digital

                 Jokowi minta benahi penanganan Covid-19. Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden

Forum KOTA Digital, 27.02.21Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan Presiden Joko Widodo  telah memerintahkan jajaran kementeriannya untuk melakukan perubahan strategi dalam penangan covid-19. Jokowi minta pemerintah serius menerapkan 3T, yakni TracingTestingTreatment.

Hal ini diungkap Muhadjir setelah  kasus covid-19 di Indonesia menyentuh angka satu juta lebih pada Selasa (26/1) kemarin. Kata dia, Jokowi telah memanggil dan secara mendadak menggelar rapat terbatas di Istana terkait hal itu sore harinya.

"Sore kita dipanggil presiden untuk, beliau minta supaya ada perubahan strategi, supaya penangan covid-19 ini semakin baik," kata Muhadjir dalam tayangan video dan telah diizinkan untuk dikutip, Rabu (27/1).




Wakil Ketua Komite Penangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) itu mengatakan pesan utama Jokowi adalah penangan kali ini mesti dilakukan dari hulu ke hilir.

Dengan kata lain, kata Muhadjir, mesti ada karantina terbatas yang dilakukan demi mencegah meluasnya penularan.

Selain itu, Jokowi juga meminta agar penerapan 3T terus dilakukan disamping tetap menjalankan 3M, yakni mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker.

"Terutama pada level yang paling hulu itu kan langkah untuk lakukan karantina terbatas. Kemudian melakukan tracingtraking dan testing. Dan tentu saja yang tidak kalah penting ya 3M," kata dia.


Mantan Menteri Pendidikan itu juga menyebut dalam rapat terbatas, Jokowi telah mengingatkan jajaran kementeriannya agar memberi pengobatan maksimal pada pasien yang telah dinyatakan positif.

Jangan sampai kata dia, korban terus berjatuhan mengingat saat ini angka penularan pun terus melonjak naik.

"Kemudian pengobatan terhadap mereka yang sudah berstatus sebagai penyandang covid-19," katanya.

Kemarin, kasus positif covid-19 di Indonesia telah menyentuh angka 1.012.350. Angka tersebut didapat Indonesia bahkan dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.



Iklan Anda